Mujali telah merintis usaha pembuatan gula merahnya sejak tahun 1971. Mujali biasa memproduksi gula merah yang terbuat dari kelapa dalam rentang waktu dua hari sekali. Biasanya sekali produksi akan menghasilkan 2,5 kilogram gula merah yang dijualnya pada kisaran Rp.22.000/kilo.

Uang yang didapatkan Mujali memang tak banyak. Namun, usahanya bisa bertahan selama 4 dekade. Berkat keuletannya, Mujali sering diundang untuk menyampaikan pelatihan-pelatihan untuk memberikan materi mengenai pembuatan gula Merah di luar dusun Krajan.

Pemasaran gula merah Mujali telah sampai ke berbagai daerah di Tulungagung. Mujali tidak hanya membuat gula merah untuk ia produksi dan jual sendiri. Ia juga melayani pemesanan gula merah untuk mengembangkan usahanya.

Pemesanan gula merah biasanya dilakukan jauh-jauh hari. Jika saja misalnya pemesanan lebih dari 25 kilogram, maka pemesan harus memesan jauh-jauh hari atau maksimal 15 hari sebelum hari H saat gula tersebut akan digunakan. Hal ini dilakukan Mujali semata karena proses pembuatan gula merah miliknya masih manual dan usaha Mujali untuk menjaga kualitas gula merahnya agar tetap bagus.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?